03 november 2014

its my third day!!
hari ke tiga gw ngajar .
hari ini gw berangkat dari kampus seperti biasa, 1 jam sebelum jadwal gw ngajar.
tapi ga tau kenapa, hari ini gw seperti capek banget, padahal ga banyak hal yang gw kerjain hari ini. mungkin ini  efek kurang tidur semalam, soalnya gw baru 'ketiduran' sekitar jam 1an *pagi*.
dan bahkan, waktu di angkot, gw sempet tidur nyenyak. hahaha.
dan beruntungnya *Tuhan masih sayang sama gw*, gw bangun sekitar 20 meter sebelum gang sekolah gw.
gw turun dari angkot udah seger, waktu ngecek jam, gw sampai jam 12 tepat.
and then, seperti biasa, hal pertama yang gw lakuin adalah, nongkrong di tempat foto kopian. sambil ngeprint LKS yang bakal gw bawain pas ngajar nanti. dan entah mengapa hari ini gw dapat discount dari tukang fotokopiannya. seharusnya 9000, trus tadi gw cuma cukup bayar 5000 ajah. mungkin karna udah langganan kali yaaa, hehhe

terus gw masuk sekolah jam 12.10, seperti biasa gw langsung masuk toilet, tujuannya biar ada alasan ngelewatin kantor guru, dan ngecekin isi2nya hahhaha
habis dari toilet, gw ga tau lagi mau kemana. akhirnya gw nongkrong di warung depan sekolah,trus duduk2 di teras depan kantor guru, sambil ngecekin nama2 murid gw.
setelah itu 12.35 bel bunyi, dan gw ga langsung masuk kelas.
karna pengalaman yang lama bikin gw belajar, kalo sia2 masuk cepat2. soalnya mereka mesti kayak renungan dulu, dan akhirnya gw bakal cengok sendiri di kelas, soalnya gw ga tau lagu2 muslim yang dari bahasa arab.
trus setelah lagu nya hampir selesai, gw masuk ke kelas.
sampe kelas, gw liat gada yang absen, tapi gw tetep absenin, biar sekalian ngehafalin nama. hehe
sebenernya, berhubung kami harus nilai keterampilan dan sikap,  sebelumnya gw udah punya cara sekalipun gw belum hafal namanya. gw bikin denah kursi mereka sesuai kursi mereka biasanya, and then gw bakal cuma centangin di denah kosong kecil yang udah gw siapin, jadi yang dapat centang itu berarti keaktifan di kelas, semakin banyak, semakin aktif.
tapi tanpa diduga2, ternyata mereka punya tradisi dikelas kalo mereka harus rolling tmpat duduknya, akhirnya sia2 lah yang sudah saya kerjakan.
tpi gpp, gw bertekad bakal bikin yang baru,
terus setelah ngabsen, gw mulai ngajar. gw tanya soal pr, dan mereka ngumpulin. terus gw tanya apa ada yang belum dimengerti, dan akhirnya gw bahas sebentar.
hal negatif banyak banget gw dapat hari ini.
pertama masalah denah yang tadi, and then, hari ini 3 guru datang ke kelas, ngasih pengumuman ke murid2, dan pengumumannya sedikit panjang.
ada yang datang buat minta sumbangan pMI gitu, trus ada yang datang mau nanyain soal surat panggilan ke orang tua masing2, dan sempet ngomel2 gitu di kelas gw, trus ada yang bilang kalo besok mereka bakalan study tour ke kebun binatang terdekat. dan terutama yang terakhir itu, itu menghabiskan banyak waktu banget. disitu gw belum masuk ke materi belajar sama sekali, baru ngebahas pr, tapi udah jam 1 lewat ajah.
dan gara2 itu, terpaksa gw ga bisa menggunakan model pembelajaran gw dengan total.
tidak ada mengasosiasi, tapi gw tetap tuntun mereka buat mengamati, menanya, dan mengkomunikasikan.
hari ini kami cuma sempat membahas mengenai cara menggambar sudut. tapi walaupun begitu, kami tetap have fun.
masalah lain yang gw hadapin ialah, gw udah suruh mereka buat bawa busur dan  jangka , dan ada sekitar 1/4 yang ga bawaa. hadoooh. gw  ga tau harus gmana, tapi akhirnya gw bilang coba berusaha pinjam sama teman di samping.
terus karna waktu udah habis, bahkan udah bel, dan gw ga sempat ngajarin cara menggambar sudut 30 dan 45, akhirnya itu gw jadiin pr, gw suruh mereka cari di internet dan harus ditulis tangan. hehehe
dan finally waktu gw keluar kelas, gw baru sadar kalo lks gw yang sudah dicopy itu ga tersentuh sama sekali. gpp lah, pertemuan berikutnya bakal gw kejar habis2an.
oh iya, masalah terakhir, besok kan mereka mau pergi study tour, dan gw baru ingat, kalo besok itu jam pelajaran gw 3 jam meeennnn... dan itu harus kepotong gara2 study tour mereka yang ga  terlalu penting itu. sedikit enak sih, soalnya besok ga usah ngajar, tapi ga enak nya yahhh, jadwal ppl gw bakal nambah sedikitt.

yaahh, thats all for today. pokoknya seru lah ngajarnyaaa.. hehehe

Komentar

Postingan Populer