28oktober2014

its my second day. hurray!
hari ini llitle bad things laahh
you know why? gw datang kesekolah lebih cepat, as usual.
jam 3 gw udah sampe skolah padahal gw ngajar jam 3.40 siang. eh, i mean sore.
and then sperti biasa-serasa udh sering bgt, padahal baru juga hari ke dua, hahaha-, gw langsung ke tukang fotokopian langganan gw-karna murah meriahh- dan motokopi soal2 yang udah gw siapin.
sangkin udh pro nya si tukang ituu, sampe ga butuh 10 menit buat dia motokopi 128lembar+ngesteplesin kertas2 itu jadi 32 rangkap dan sebagian jadi 16 rangkap. kece banget lahh. wkwkw
trus jam 3.10 gw ke kantor guru. karna dihari sebelumnya gw yakin kalo gw udh dikenalin, so dengan pedenya gw masuk kantor guru, mau nongkrong nungguin kelas mulai kayak kemarin. eeeehhh, tau2nyaaaa, mereka lupa sama sayaaa :'(. mereka malah nanya2in dan finally nyuruh gw ke ruang pak ade, guru pamong gw. gara2 gaalau+laper, berhubung gw blm makan siang, gw keluar skolah cari makan, dan hanya menemukan roti. gw beli roti dan makan di warung itu, tujuan awalnya mau ngabisin waktu, tapi entah emang karna pada dasar nya gw udah kelaparan bingit, roti itu habis dalam waktu kurang dari 2 menit. and setelah itu, gw makin bingung mau ngapain lagi. -_-"
akhirnya gw mampir ke toilet, setelah itu gw pun nekat masuk keruangan wakasek, tmpat si pak ade ada. untungg bgt nya gw disambut dengan senyumaan, dan gw diizinkan buat menghabiskan waktu gw di kursi tamu yang ada ditengah2 ruangan itu. :'D
15.40 pun tiba. gada bel. gw jadi galau. ini jam gw yg rusak apa begimanaa? jam gw 15.50 baru tuh bel nyala. gw kekelas pelan2, karna seperti biasa, kelas lain blm ada yg masuk. gw curiga, kayaknya kelas lain itu cuma kelas bayangan doang, yg sebenernya ga nyata. haha
trus gw liat dari kejauhan, murid2 gw yg ngeliat gw langsung ngeh, dan buru2 masuk kelas. pas gw masuk kelas, murid2 itu udah pada duduk manis dalam ruangan yang kurang cahaya itu-udah sore soalnya-.
gw masuk, mereka kasih salam, dan gw bingung gmana cara memulai kelas. akhirnya gw mulai dengan ngabsen. hari ini yg absen cuma 1, namanya sugiri. tapi supaya gw juga lebih kenal mereka, gw absen ulang mereka, tapi pake nama panggilan mereka, yang gw inget. trus gw tanyain pr mereka. mereka kumpul pr mereka, and then, gw tanya mana pr yang mereka ga ngerti atau bingung.
oiya, ternyata ada 2anak yang ga bawa pr mereka. trus gw bngung. kalo ga dihukum, nanti takutnya yg lain jadi malas, tapi kalo dihukum, nanti terlalu gmana gtu,
akhirnya gw maafin mereka, dengan syarat mereka harus bawa pr mereka pas pertemuan berikutnyaa. tapi ga itu ajah. gw suruh mereka yg kerjakan pr itu di papan tulis. karna kalo ketinggalan alasannya, mestinya mereka pasti udah ngerti jawabannya. dan ternyata mereka bisa ngerjain. brarti mereka jujur.
trus setelah itu gw review pelajaran sebelumnya buat ngecek mereka masih ingat apa ga. ternyata mereka ngerti. *good*
trus habis itu seperti model pembelajaran gw, gw bagiin lks individu. dan gw minta mereka kerjain masing2, tanpa nyontek. tujuannya  supaya masing2 dapat nemukan konsep pelajaran awal. habis itu, gw minta mereka mengkomunikasikan jawaban mereka satu persatu, dan jawaban mereka beda2. habis itu setelah semua menyampaikan pendapat mereka masing2, gw simpulkan jawaban nya semua, tapi dengan cara mancing, supaya pada akhirnya, mereka masing2 yang nemuin jawabannya.
habis itu gw bawa mereka untuk ngeliat seberapa luas aplikasi sudut buat kehidupan mereka, dengan nunjukin bahwa dalam semua hal, selalu ada sudut.
habis itu, setelah mereka semua berebut menjawab, gw masuk ke topik yang lebih dalam. tentang jenis2 dan cara penamaan sudut. gw coba masuk ke definisi, tapi berdasarkan pengetahuan mereka masing2, supaya konsepnya mereka temuin sendiri.
habis itu gw simpulkan.
ada beberapa langkah yang selalu gw terapin saat ngajar.
1. mulai dengan sesuatu yang sederhana buat munculin imajinasi mereka
2. masuk ke bahan yg mau di ajar
3. tanya apa yg mereka ketahui dr situ
4. kasih tau jawaban sebenarnya sedikit demi sedikit, dan tetap usahakan mereka yg lebih banyak menjawab
5. simpulkan
6. minta mereka ulangi kesimpulan
7. suruh mereka catat
8. pas masuk bahan berikutnya, dan sebelum nutup kelas, or awal kelas baru, ulangi tanya soal kesimpulan apa ajah yg udh mereka buat.
jadi ya gtu2 ajah terus haha
trus tadi anak2 cowo dikelas gw ributt bgt, kerjaanya ngobrol mulu, akhirnya gw tegor mereka dan gw bilang kalo mereka masih ribut, mereka bakal gw bikin duduk sama cewe2 biar ga ngobrol2 muluu. dan ternyata itu cukup membuat mereka sedikit lebih tnang.
tapi yang masih gw galauin itu, ada beberapa anak yg mukanya galau, dan mingkem mulu kalo pas di jelasin. kan gw bingung mau ngapain, tapi akhirnya gw coba minta mereka buat ngomong atau ngerjain di depan, biar mereka sedikit berinteraksi laah.. haha
trus hari ini pelajaran kepotong sedikit . you know why, kelas yg mestinya bubar 5.20 jadi bubar 5.00 tepatt. dan disitu gw lagi nerangin. -.-" untungnya mereka ngerti dan bilang, lanjutin ajah ka. gpp kok :')
akhirnya gw lanjutin bntar, and then gw bagiin pr buat mereka kerjain dirumaah.
habis itu gw langsung pulang ke unai.
and yoiu knoww??? angkot gw sedikit bangkee, itu udah jam stgh 6, dan gw diturunin di tengah jalaaan :'(
ada tukang ojek, dan itu harganya mahaaal.
akhirnya gww putusin buat sms smua temen gw yg punya motor. dan gada yg balas. :'(
trus gw keinget temen gw satu, trus gw sms dia, gw blg, "lo lagi apaa, bisa tolong gw ga?" dengan pake emoticon nangis. trus dia langsung nelfon gw. pdhl disitu dia lagi sama cewenya, tapi dia langsung jalan buat jemput gw. dan akhirnya dia jadi ojek penyelamat gw :p :')
thats ma story for todaaaY :')

Komentar

Postingan Populer