Sharing is Caring


Pernah engga nemuin orang yang kesusahan di tengah kota, butuh duit, tapi dari pakaiannya keliatan berkecukupan?

Gue pernah.
Mungkin ada yang kayak gue juga saat itu, berpikir kalau orang itu tukang boong.
“bajunya lengkap semua, masa iya engga punya duit barang 10 ribu?”, That’s what i think, before.

Tapi semua pemikiran itu buyar hari ini, Senin 03 Juli 2017, hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran yang super duper panjang.

Jadi ceritanya pagi ini gue berangkat kantor as usual, naik motor sampai ke stasiun Cakung.
Waktu berangkat, gue liat bensin gue sudah sekarat, *liburan bikin gue lupa ngisi bensin ceritanya*
So, gue putuskan untuk mampir di warung isi bensin, dan ngisi secukupnya.
Pas liat dompet, gue baru ngeh kalau duit di dompet hanya tinggal 15ribu. Rupiah ya. Bukan dollar. Kalo dollar udah kaya gue. Wkwk
Akhirnya gue ngisi bensin 10ribu, 5ribunya buat jaga-jaga kalau-kalau ban kempes ditengah jalan, atau ada pengamen di lampu merah – buat jaga2 doang loh ya, bukan buat dikasih. *wkwk

Terus sampai lah distasiun. Gue parkir motor buru-buru soalnya kereta udah parkir nunggu waktunya jalan.
Pas mau masuk ke stasiun, gue tap Fl*zz gue ke pintu masuk, dan dibilang saldo gue engga cukup.
Sambil panik, gue ambil kartu gue yang lain, dan hasilnya sama, saldo gue juga engga cukup. *miris banget idup ini bah! Wkwk

Gue cek dompet, duit tinggal 5ribu, sedangkan untuk beli kartu minimal 13ribu :”
Gue cari atm terdekat buat ngambil duit, tapi masih tutup semua.
Gue cari indom*rt or alfam*rt buat ngisi saldo, tapi tetap masih tutup semua.
Akhirnya keretanya lewat, dan gue bahkan engga bisa masuk stasiun.

Calon-calon telat nih gue. L
Terus gue coba chat  temen gue yang juga naik kereta ke kantor, tapi semua nya engga ada yang bisa dihubungi L

Terus gue coba ngomong sama satpam yang jaga di stasiun, nanyain indomaret samping stasiun buka jam berapa, soalnya gue mau isi ulang Fl*zz.
Dan dia jawab masih setengah jam lagi. Makin panih lah gue.

Terus tiba-tiba ada ibu-ibu yang nimbrung juga trus bilang, “yah padahal saya juga mau isi ulang.”
Trus si ibu itu lanjut bilang, “beli THB aja kalau gitu mbak”
Gue dengan muka melas *kayaknya melas banget malah* bilang ke ibu itu, “tapi saya juga lagi engga ada pegang cash bu”

And then, ibu ini tanpa basa basi, tanpa mikir panjang dia bilang,
“yaudah mbak, saya aja yang beliin buat mbak. Mbak mau ke stasiun mana”

Praise God pake banget. Si ibu itu mau nolongin gue tanpa pikir panjang.
Tanpa mempertanyakan gue ini siapa, atau apa.

Case nya sepele sih. Tapi sadar engga? Kita, esp. Gue, sering kali ngejudge orang yang lagi kesusahan kayak gitu.
Saat ada orang yang kesusahan, yang kita lakukan itu menyelidiki sedalam-dalamnya gimana keadaan yang sebenarnya, apa orang itu pantas dibantu apa engga.

Gue seperti ditampar lembut tadi pagi.
“hey. Rasanya engga perlu gue berada di kondisi kayak gue hari ini dulu lagi baru bisa sadar menolong itu perlu.
Coba seandainya engga ada ibu-ibu itu tadi, mungkin engga tau lah akan jadi kayak apa nantinya.

Nah. Sebelum itu terjadi, yuk tolong sebelum ditolong.
Rasa ‘wah’ saat diucapin terima kasih lebih indah dibandingkan rasa ‘wah’ saat dikasi bantuan sama orang loh.

Eh, masih mikir, kenapa harus kita duluan yang nolong?
Gini deh. Perubahan itu dimulai dari kita sendiri. Nunggu orang terus? Mau jadi apa nanti dimasa depan? :)))

Dan tau sesuatu engga?
Ada yang pernah bilang sumber berkat itu kayak sudut di sebuah kertas.semakin banyak dipotong, maka sudut nya semakin banyak kan?gitu juga dengan berkat. Semakin dibagikan sama orang lain, semakin banyak sumber berkat yang tersedia untuk kita.

mau coba?
Yuk cobain deh menolong orang tanpa unsur curiga.
Supaya orang lain juga akan merasa bersyukur dan mulai perubahan itu dari diri dia.

Satu ayat kesukaan gue di alkitab :)
"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka - Matius 7:12 a "

#salamSuper

Komentar

Postingan Populer