Move on, yuk?

“Gue udah move on.
Titik.Engga ada tapi-tapian.”

Habis itu liat foto mantan sama pacar barunya, trus engga lama mewek.

That’s girls. Not woman ya, only Girls do that.

Huft.
Cewek tuh emang gitu, baperan. Sok bilang udah move on. Padahal masih galau waktu ngeliat hal-hal yang berhubungan sama mantannya.

Yah, kayak gue.
Jujur ya, kalau orang nanya gue udah move on atau belum, ya jelas gue jawab ‘udah dong’
Eh gue engga bohong.
Emang udah kok.
Tapi ya gue sendiri juga bingung kenapa gue masih ada rasa nyesek waktu ngeliat dia udah punya pacar baru.
Engga tau itu nyesek karena gue belum bisa lupain dia, atau engga rela atau hanya karena envy karena dia udah dapat pengganti duluan.
Entahlah ya.
Yang jelas setau gue, gue udah move on kok.

Nahhh terus ditengah kebimbangan gue, gue menemukan sesuatu.
Satu titik terang buat semuanya.

barusan, tiba-tiba seseorang ngepost sesuatu di salah satu account sosial medianya.
*orang ini bukan third party ceritanya dalam hal ini*
Orang ini ngepost foto pasangan, dengan caption
You don’t meet people by accident. There’s always a reason for that. A lesson or a Blessing.

Yup. That’s it.
Habis baca kalimat itu, gue seperti mendapat penghiburan dengan sendirinya.
You know why?
Setelah gue berpikir-pikir, sebenernya alasan rasa nyesek gue itu bukan karena gue belum move on.
Gue inget alasan utama kami putus. Alasan yang emang engga ada jalan keluar lain selain putus.
Alasan yang ngebuat kami engga bakal pernah bisa bersatu, mau sekeras apapun kami berusaha nantinya.
Nah, ternyataaa yang buat gue ngerasa nyesek adalah kayak di lirik lagunya Yovie and nuno yang sempat memiliki,
mengapa kita bertemu, jika akhirnya dipisahkan?
Mengapa kita berjumpa, bila akhirnya dijauhkan?

Nah itu. Itu ternyata yang bikin gue nyesek.
Tapi setelah gue membaca quote dari post seseorang itu, gue akhirnya sadar.
Tuhan mengizinkan kami bersama, for a reason.
Saat Tuhan membiarkan kami dulu sempat bersatu, karena Tuhan punya pelajaran yang baik buat gue.
Tuhan jadiin dia hanya sebagai sarana untuk membantu gue belajar jadi seseorang yang lebih sabar, seseorang yang lebih bijak, dan seseorang yang lebih dewasa.
Tuhan juga jadiin dia sebagai perpanjangan tangan Nya untuk merangkul dan memberikan semangat-semangat untuk masalah-masalah gue yang lagi kompleks2nya saat itu.
Tuhan juga jadiin dia sebagai pengalaman yang membuat gue lebih mandiri dalam banyak hal.

Nah terus, kalau emang Tuhan jadiin dia untuk hal-hal yang positif begitu, kenapa Tuhan pisahin akhirnya?

Jawabannya juga karena sebuah alasan.
Karena gue udah cukup sabar, bijak dan dewasa, then sarana itu sudah tidak dibutuhkan.
Karena gue sudah cukup bersemangat, then sudah saat nya gue yang jadi perpanjangan tangan Tuhan untuk merangkul dan berbagi semangat sama orang lain yang menghadapi masalah sejenis gue dulu.
Dan karena gue udah cukup mandiri, gue udah punya pengalaman yang cukup untuk berjalan sendiri.

See? Selalu ada alasan buat semua hal yang terjadi dalam cerita hidup gue.

Hal itu bener-bener membantu gue untuk berpikir jernih.
Gue bukannya belum move on.
Gue hanya merasa belum adil karena dipertemukan dengan orang yang ujung-ujung nya dipisahkan.
Tapi, yang salah bukan siapa-siapa. Bukan dia, atau bahkan Tuhan.
Yang salah justru gue sendiri.
Gue salah berpikir kalau kebersamaan adalah selalu jadi tujuan akhir dari sebuah pertemuan.
Ternyata kebersamaan hanya proses dari pertemuan menuju tingkat yang lebih baik dari kehidupan.

Wah. Setelah gue nulis ini, perasaan gue jadi lebih lega.
Gue sudah move on kok.
Dan bahkan sudah teramat move on sekarang mah. Haha

Yuk, move on yuk.
Engga ada yang salah dengan move on kok.
Move on itu hanya lebih ke arah menyadari kalau ada alasan indah dibalik semuanya.
Selain itu, move on juga berarti kita bisa berterima kasih untuk masalalu karena sudah mengajarkan kita lebih baik lagi.

So, jangan jadi cewek baperan terus. Mari kita move on rame2. Haha

-gish

Komentar

Postingan Populer