LDR - 5 hal penting buat kalian yang lagi LDRan

sebelum gw bahas, mungkin ada yg tau kepanjangan dari LDR itu apa?
tadi gw searching di mbah google, apa kepanjangan LDR itu, dan gw nemuin macam2 jawaban.
  1. Lelah Disiksa Rindu
  2. Lama lama Direbut oRang
  3. Lembaran Derita Remaja
  4. Long Distance Reladiboongin
Macam2 lah jawaban yang gw temuin, mulai dari jawaban yg paling konyol sampai jawaban yg paling ngaco. *lah berarti gada yg bener dong? 
ya jelas ada lah. cuman 1 yang masuk dalam kategori bener.
yaitu, Long Distance Relationship, atau Hubungan jarak jauh.

gw ngebahas LDR ini bukan karna apa2. 
bukan karna gw paling tau tentang LDR, atau bukan karna gw paling bijak dalam LDR,
tapi karna untuk saat ini, gw lagi jadi seorang aktor, yang memerankan peran utama dalam sebuah film yang berjudul LDR itu. *sejak kapan gw main film ya? haha

Yah, lebih tepatnya gw pengen ngebahas soal pengalaman yg sedang gw alamin sekarang, suka duka LDR, yang mungkin bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.

oke, mari kita mulai ceritanya.
pada zaman dahulu kala,
*lah salah prolog gw, haha

LDR
*ceritanya curhat dulu bentar*
dulu sekitar 6 atau 7 tahun yang lalu, gw pernah memulai suatu hubungan LDR dengan salah satu cwo yang sekarang udah masuk dalam list mantan gw.
dulu kami kenalan di acara perkemahan di Malang, dan setelah hampir 4 hari kami pacaran, kami pun LDRan.
disitu gw masih kelas 1 SMA, dan itu adalah masa dimana gw sedang menjadi anak yang superduper labil. hehe
dan bisa kebayang kan, gmana seorang anak ABG yang sedang labil, memulai suatu hubungan jarak jauh, gmana galau dan ga sehat nya hubungan kami.
Kami pacaran ga sampai 2 bulan, dan selama kami pacaran, hampir tiap hari ada ajah yang bikin kami berantem. mulai dari masalah pribadi, sampai masalah yg disebabin orang ketiga keempat dst.
akhirnya gw yg putusin dia, soalnya gw jenuh dengan hubungan yang hanya bisa bikin gw galau dan nangis terus2an *dulu ceritanya gw cengeng banget. haha
semenjak itu gw jadi sedikit trauma sama yang namanya LDR. gw jadi paranoid banget saat gw bakal menjalani hubungan yang berlabel LDR.
That's way, gw selalu usahain untuk menjauhi hubungan2 yang ujung2nya bakal berakhir LDR.

gitu lah terus, sampai akhirnya beberapa bulan lalu gw deket sama seorang cowo.
*cowo yg ada di tulisan gw yg gw post akhir2 ini*
awalnya saat awal gw deket sama cowo itu, gw ga berpikir terlalu jauh.
gw sadar hubungan kami bakal berakhir LDR kalau gw memutuskan untuk tetep deket sama dia,
tapi saat itu gw cuman mau let it flow ajah.
gw biarin semua berjalan perlahan lahan, tanpa peduli akhirnya bakal gmana..
seolah ga peduli bakal gimana akhirnya, yg penting gw bisa nikmatin semuanya.
tapi pada akhirnya gw mulai ngerasa sayang,
perasaan itu yg tadi nya cuman sekedar2 ajah, sekarang udah lebih dari sekedar ajah.
kalau kata anak zaman sekarang, gw mulai baper sama dia.
dan semakin gw baper, semakin gw ga pengen ninggalin semuanya.
sampai akhirnya gw harus memutuskan untuk melanjutkan semuanya seperti apa.
gw harus milih, akhirin semuanya sekarang, dan pergi menjauh dari sesuatu yg namanya LDR itu,
atau bertahan dan masuk kedalam suatu kisah yang selalu gw takutin itu.
disitu gw ga tau harus pilih apa.
gw takut sama yang namanya LDR, tapi gw takut juga sama yang nama nya patah hati.
akhirnya ditengah kebimbangan gw, gw putus kan untuk memilih pilihan ke dua.
gw sayang sama dia, dan gw mau berjuang menghadapi ketakutan gw sama LDR itu.
dulu gw masih labil, masih childist, masih terlalu kecil untuk yg namanya berjuang demi cinta *asikdah bahasa gw. haha
sekarang gw udah lebih dewasa, dan orang dewasa sih katanya ga takut sama apapun, apalagi cuma sama LDR. B) So, gw mau coba hadapin yg namanya LDR itu.

*yah, sekian curhatan gw tentang LDR itu, sekarang kita masuk ke pembahasannya*

gw sekarang baru masuk minggu ke 2 semenjak kami mulai LDRan.
dan sampai sekarang semua masih baik2 ajah.
mungkin semuanya karna masih terhitung baru,
tapi menurut gw engga. ada beberapa hal penting yang kami perhatikan, yang membuat semuanya tetap bertahan dalam tahapan yang indah.

1. Kepercayaan.
jangankan LDR, hubungan yang jarak dekat ajah kalau ga ada kepercayaan, ga bakal bertahan lama.
apalagi kalau hubungan jarak jauh, yang engga bisa ketemu terus2an.
harus ada kepercayaan yang tulus, satu sama lain supaya bisa mempertahankan hubungan dengan baik.
saat sebelum kami LDRan, terkadang kepercayaan gw di uji. *bukan sama dianya yah*
ada beberapa cewe yang emang deket sama dia, bahkan sebelum kami mulai pacaran.
mulai dari yang deket 'ajah' sampai yang deket 'banget'.
tapi dari semua itu, cuman ada 2 cewe yang mengganggu pikiran gw pake banget.
Yang satu adalah mantannya yg sebenarnya berada sekitar duaratusan kilometer jauhnya dr kami,
dan yang satu lagi adalah temen nya yang hampir setiap hari bareng sama dia.
kalau mantannya itu, mengganggu pikiran, soalnya gw pernah ga sengaja baca sms mereka, dan it made me often think negatively,
kalau cewe yg satu lagi, mengganggu pikiran, soalnya sejauh yg gw liat, too much time that he spend for that girl. *yah gabanyak2 banget sih*
tapi lama kelamaan, saat gw mulai gundah gulana karna mereka, timbul pikiran dalam diri gw sendiri,
gw juga banyak kok dekat sama cowo, malah lebih banyak dari cewe2 yg dkt sama dia,
ada juga beberapa mantan gw yang tetap berhubungan baik *JUST as friend* sama gw.
jadi kalau dia ajah bisa percaya sama gw, kenapa gw engga bisa?
That's way, sejak saat itu, I decided to trust in him. 
karna menurut gw, kalau seandainya dia emang ga pantas di percaya, pasti Tuhan yg bakal kasih karma kok. hehe.
Jadi kalau dia belum dapat karma berarti sampai detik ini dia masih pantas dipercaya.
Dan karna sudah terbiasa percaya, saat kami LDR kayak gini, rasanya ga takut kalau seandainya dia ga ada kasih kabar, karna rasa percaya udah nuntun gw untuk percaya kalau dia dalam hal apapun yang dia lakukan, pasti yg di hatinya cuman 1, yaitu gw.

Ingatlah, jangan pernah percaya sama orang yang lo curigai,
Supaya lo ga perlu curiga sama orang yang lo percayai

2. Pikiran Positif
ada kala dimana gw dan dia berada dalam posisi yang rumit.
posisi yang kalau pikiran gw cuman negatif ajah, udah pasti hubungan kami bakal langsung berakhir gitu ajah.
Tapi karna emang awal nya udah percaya, pikiran positif itu masuk dengan sendirinya dalam pikiran gw.
Misalnya, dia seharian ga ada kasih kabar.
Kalau sama yg sblum2nya mungkin gw bakal berpikir, pasti dia lupa sama gw,
Or dia terlalu sibuk sama dirinya sendiri sampai ga inget gw,
Or dia pasti lagi asik sama temen2 nya terus gamau di ganggu sama gw,
Or anything else.

But kenyataanya, pemikiran gw ga se negative itu semua.
Saat dia ga ngabarin, justru yang gw pikirin adalah,
dia pasti lagi ga punya pulsa dehh,
Or dia belum bangun tidur kali ya kan kemarin seharian dia banyak kegiatan banget,
Or hp nya ngedrop karna ga sengaja kesenggol pas dia ngigo semalam,
dan banyak hal positif lainnya yang bikin gw ga perlu ragu sama dia yang jauh disana.

Lagipula ada hal yang sangat amat perlu diingat dalam suatu karakter.
Sekali kita berpikiran negative, selamanya kita akan lebih dahulu berpikir negative saat dihadapkan pada suatu problema.
So biasakan dirimu berpikir positive, untuk membangun karakter yang lebih baik, terutama dalam kelangsungan hubungan LDR kalian.

3. JENUH
Sebenernya gw agak alergi sama kata ini. Soalnya makna kata ini terlalu dalam tapi nyakitin.
Tapi kalau belajar dari pengalaman pertama LDR, kata ini sangat amat crucial dalam LDR.
Menurut gw sendiri sebenarnya jenuh itu wajar terjadi dalam hubungan.
Yah, bayangin sendiri ajah,
Lo ngejalanin yang namanya pacaran ga mungkin bakal ngelakuin hal yg berbeda terus kan?
Dan kalau kalian ngelakuin hal yang sama dalam kurun waktu tertentu, pasti kalian jenuh kan?
Pasti akan ada saat dimana lo ngerasa, kok gw pacaran gini2 ajah ya?
Smsan, telfonan, jalan bareng, dst.
Yah, wajar ajah, misalnya lo pacaran udah 1 tahun. 1 tahun itu berarti kurang lebih 365 hari.
Kalian bisa ngelakuin hal yang selalu berbeda, 365 hal yang berbeda selama 365 hari, kayaknya itu agak mustahil.
Apa lagi yang namanya LDR. Kerjaan kalian Cuma telfonan, smsan dan sejenisnya.
Jenuh itu cepat atau lambat pasti terasa.

Tapi kenapa gw bilang gw alergi sama yang namanya ‘Jenuh’?
Karna banyak banget orang, *gw juga pernah ngelakuinnya sih*, yang menjadikan kata jenuh ini sebagai alasan buat mengakhiri suatu hubungan.
Masih enak kalau jarak kalian deket, masih bisa diomongin baik2.
Tapi coba kalau LDR, berdasarkan yang gw liat, 60% pasangan yang merasa jenuh pada saat LDR, pasti ujung2nya putus,
 Karna saat udah jenuh, dan kalian berusaha menyelesaikan masalah via telfon or bahkan Cuma via sms, masalah itu cenderung ga selesai.

Itulah kenapa saat kalian LDR, usahakan banget untuk menghindari yang namanya JENUH itu.
Dan kalau udah keburu masuk area jenuh, coba untuk tetap berada di lingkaran paling luar dari jenuh itu. Dan jangan sampai melangkah lebih dalam ke area itu.
Caranya gampang kok. Gampang banget.
Cara yang pertama ajak dia do something different, to make you both fall in love again.
Eits, tapi jangan different ke hal negative loh
Misalnya ajak dia skypean, or kalian duet via telfon, or kalian lakuin hal paling romantic saat kalian pdkt dulu, or anything else.
Pokoknya luapin kangen kalian dengan cara yang berbeda, dan buatlah hubungan kalian terasa lebih special.
Another way, sibukin diri lo dengan kesibukan pribadi yg bisa buat lo lupa klo lo lagi jenuh,
Dan masih banyak cara yang bisa lo lakuin, and that’s all depend on your own thinking.

4. Let them talk
Biarkan mereka berbicara.
Mereka disini maksudnya orang lain. Orang yang ga masuk dalam lingkaran cinta kalian *agak lebay bahasanya,haha
Salah satu hal yang menjadi persoalan dalam LDR adalah adanya orang ketiga, keempat dst.
*bukan maksudnya orang ketiga dalam selingkuh ya.
Dalam yang namanya hubungan, udah pasti ada banyak orang yang akan mendadak jadi penasehat cinta kalian.
Itu wajar banget sama yang namanya suatu hubungan. Apalagi hubungan jarak jauh.
Biarkan orang2 itu merasa menjadi penasehat cinta kalian,
Biarkan semua orang2 itu memberikan pendapat mereka masing masing,
Tapi ingatlah. Penasehat terbaik dalam suatu hubungan itu ga lebih dari lo dan pasangan lo.
Kenapa? Karna ga pernah ada 2 cerita cinta yang sama persis,
Kalau pun mirip, ga akan pernah lebih dari 75%. Ga akan pernah sama.
Tapi bukan berarti gw nyuruh kalian untuk menutup telinga sama pendapat orang2 lain loh.

Let them talk.
Biarkan mereka berbicara, pahami pendapat mereka, pikirkan matang2 dan lalu lakukan.
Setiap orang punya sudut pandang masing2 dan cara berpikir masing2
Termasuk lo dan pasangan lo.
Sebijak apapun orang yang memberi pendapat, yang tau lebih banyak tentang cara pikir pasangan lo itu pasti nya lo kan?
Jangan pernah telan bulat2 nasehat orang lain, karna belum tentu itu jalan keluar yang terbaik jika ada masalah diantara kalian.

Tapi biarkan mereka berbicara, pahami pendapat mereka, pikirkan matang2 dan lalu lakukan apa yang lo yakin bisa menjadi jalan keluar terbaik buat lo dan pasangan lo.

5. KOMUNIKASI
Kalau yang namanya hubungan jarak dekat, apalagi saat face to face
pasti pasangan lo akan mudah mengerti saat lo unmood.
Apalagi kalau itu perempuan. Perempuan adalah mahkluk yang paling susah tersenyum saat sedang unmood. *kalau pasangannya ga sadar, berarti dia perlu privat kePEKAan. :p

Tapi saat itu adalah hubungan jarak jauh, it’s too hard to know what’s in your heart on that time.
Butuh pasangan yang superduper canggih kepekaannya untuk bisa selalu tau semua yang lagi lo rasa. Apa lo lagi senang, sedih, galau or yang lainnya.
Itu lah pentingnya komunikasi.

Beberapa saat yang lalu, gw pernah mendadak unmood, saat telfonan sama pacar gw.
Dan gw unmood cuman gara2 dia nyuruh gw tidur, padahal saat itu masih jam 10, and I still miss him so much.
Tapi gw ga bilang. Gw gengsi pake banget, buat bilang,
“sayang, aku belum ngantuk, aku masih mau ngobrol sama kamu, aku masih kangen banget sama kamu”
Dan tau apa hasil dari kegengsian gw?
Akhirnya kami telfonan sampai jam 11, tapi selama 1 jam terakhir suasana di telfon ga enak.
Untungnya dia peka, dan akhirnya suasana itu mencair sebelum telfon berakhir.

Tapi semenjak itu gw belajar kalau komunikasi itu penting banget.
Hal sekecil itu ajah kalau engga di bicarain, bisa jadi masalah,
Apalagi kalau ada masalah yang cukup besar, bahkan sampai nimbulin kesalahpahaman.
Ujung2nya malah putus.
So, apalagi kalau LDRan, jangan pernah sampai komunikasi itu putus,
Karna it’s too important kalau lo mau hubungan kalian awet.


That’s all. Beberapa hal yang selalu menjadi pelajaran buat gw pribadi,
Dalam menjalani hubungan LDR sama pacar gw yang sekarang.


Semoga 5 hal tadi juga can help you to keep your relationship, kayak gw. 

Komentar

Postingan Populer